Pembagian Zaman Prasejarah Menurut Alat-alat yang Digunakan

Pembagian Zaman Prasejarah Menurut Alat-alat yang Digunakan -  Berdasarkan hasil kebudayaan yang ditinggalkan, kehidupan pada masa prasejarah dibedakan menjadi dua yaitu zaman batu dan zaman logam.

a. Zaman Batu


Zaman batu adalah masa dimana manusia purba menggunakan peralatan yang terbuat dari batu, zaman batu digolongkan menjadi:

1. Zaman batu tua (Palaeolithikum), pendukung kebudayaan batu tua Pithecanthropus Erectus, zaman ini memiliki ciri-ciri:
a. Jenis alat yang digunakan adalah kapak perimbas dan alat serpih
b. Nomaden
c. Berburu dan meramu
d. Belum mengenal seni

Pembagian Zaman Prasejarah Menurut Alat-alat yang Digunakan
Zaman Batu


2. Zaman batu tengah (Mesolithikum) memiliki ciri-ciri:
a. Ditemukan kjokkenmoddinger atau sampah dapur.
b. Ditemukan abis sous roche yaitu gua-gua tempat tinggal manusia purba.
c. Mengenal seni lukis.
d. Alat yang digunakan disebut peblek/kapak sumatera.
e. Mulai mengenal kepercayaan.

3. Zaman batu muda (Neolithikum) ciri-cirinya adalah:
a. Peralatan sudah dihaluskan bahkan sudah diberi tangkai.
b. Jenis kapak yang digunakan persegi dan lonjong.
c. Tempat tinggal menetap.
d. Bercocok tanam,
e. Kepercayaan anemisme dan dinamisme.

4. Zaman batu besar (Megalithikum) telah ditemukan Menhir, dolmen sarkofagus,waruga, punden berudak dan patung nenek moyang.

b. Zaman Logam


Zaman logam adalah masa dimana manusia purba telah menggunakan alat-alat yang terbuat dari logam. Zaman logam dibagi menjadi 2:

1. Zaman tembaga, pada zaman ini terdapat alat-alat rumah tangga yang terbuat dari tembaga. Zaman tembaga tidak pernah terjadi di Indonesia.

2. Zaman perunggu, pada zaman ini terdapat alat-alat rumah tangga yang terbuat dari perunggu campuran dari tembaga dan timah. Alat yang terbuat dari perunggu seperti: Nekara, Moko, Kapak corong, Arca perunggu, Bejana perunggu,Perhiasan perunggu.

c. Zaman Besi


 Manusia telah membuat alat-alat rumah tangga yang terbuat dari besi yang dilebur. Tingkat kehidupan pada masa ini jauh lebih baik dari pada masa sebelumnya. Karena besi mjudah lapuk sehinga peninggalan pada masa ini sulit ditemukan