Panduan Penggunaan Media Pembelajaran Pemanenan Hasil Hutan

I. PENDAHULUAN


A. Deskripsi


Dalam Bahan Ajar ”Pemanenan Hasil Hutan” diawali dengan mempelajari tentang teknik pemanenan hasil hutan kayu dan bukan kayu, mengoperasikan alat-alat pemanenan hasil hutan, merawat alat-alat pemanenan hasil hutan serta pengangkutan hasil hutan. Uraian teknik pemanenan hasil hutan kayu dan bukan kayu, meliputi teknik penebangan, teknik pembagian batang, teknik pemanenan hasil hutan bukan kayu. Mengoperasikan alat-alat pemanenan hasil hutan membahas tentang jenis alat-alat pemanenan hasil hutan dan mengoperasikan alat-alat pemanenan hasil hutan. Merawat alat-alat pemanenan hasil hutan,. Pengangkutan hasil hutan merupakan akhir dari kegiatan pemanenan hasil hutan akan menguraikan kegiatan, sistem penyaradan, sistem pengangkutan sesuai, jenis-jenis alat-alat pengangkutan hasil hutan, teknik mengoperasikan alat-alat pengangkutan hasil hutan

B. Prasyarat


Siswa yang akan mempelajari kompetensi dalam bahan ajar ini adalah mereka yang telah menguasai kompetensi yang menjadi prasyarat sebelum memahami Melakukan Pemanenan Hasil Hutan.

Standar kompetensi yang sudah harus dikuasai adalah:
1. Melakukan Penataan Hutan dengan kode kompetensi;
2. Melakukan Pembukaan Wilayah Hutan dengan kode kompetensi;
3. Melakukan Perisalahan ( Inventarisasi Hutan ) dengan kode kompetensi;

C. Petunjuk Penggunaan Bahan Ajar


1. Penjelasan Bagi Siswa

a. Bacalah bahan ajar ini secara berurutan dari kata pengantar sampai cek kemampuan, pahami dengan benar isi dari setiap babnya.
b. Setelah Anda mengisi cek kemampuan, apakah Anda termasuk kategori orang yang perlu mempelajari bahan ajar ini? Apabila Anda menjawab YA, maka pelajari bahan ajar ini.
c. Untuk memudahkan belajar Anda dalam mempelajari bahan ajar ini, maka pelajari dulu tujuan akhir pembelajaran dan kompetensi yang akan dicapai dalam bahan ajar ini. Apabila ada yang kurang jelas tanyakan pada guru pembimbing Anda.
d. Laksanakan semua tugas yang ada dalam bahan ajar ini agar kompetensi Anda berkembang sesuai standar.
e. Buatlah rencana belajar Anda dengan menggunakan format seperti yang ada dalam bahan ajar , konsultasikan dengan guru dan institusi pasangan penjamin mutu hingga mendapatkan persetujuan.
f. Lakukan kegiatan belajar untuk mendapatkan kompetensi sesuai rencana kegiatan belajar yang telah Anda susun dan disetujui oleh guru dan institusi pasangan penjamin mutu.
g. Setiap mempelajari satu sub kompetensi, Anda harus mulai dari memahami tujuan kegiatan pembelajarannya, menguasai pengetahuan pendukung (uraian materi), melaksanakan tugas, dan mengerjakan test formatif.
h. Dalam mengerjakan test formatif, Anda jangan melihat kunci jawaban formatif terlebih dahulu, sebelum Anda menyelesaikan test formatif.
i. Laksanakan lembar kerja untuk pembentukan psikomotorik skills sampai Anda benar-benar terampil sesuai standar. Apabila Anda mengalami kesulitan dalam melaksanakan tugas ini, konsultasikan dengan guru Anda.
j. Setelah Anda merasa benar-benar menguasai seluruh kegiatan belajar dalam bahan ajar ini, mintalah evaluasi dari guru Anda, sekolah, dan institusi pasangan penjamin mutu Anda untuk dapat dinyatakan telah benar-benar menguasai kompetensi tersebut sehingga Anda mendapatkan sertifikat kompetensi.

2. Peran Guru

a. Membantu siswa dalam merencanakan proses belajar
b. Membimbing siswa melalui tugas-tugas pelatihan yang dijelaskan dalam tahap belajar
c. Membantu siswa dalam memahami konsep dan praktek baru serta menjawab pertanyaan siswa mengenai proses belajar siswa
d. Membantu siswa untuk menentukan dan mengakses sumber tambahan lain yang diperlukan untuk belajar
e. Mengorganisasikan kegiatan belajar kelompok jika diperlukan
f. Merencanakan seorang ahli/pendamping guru dari tempat kerja untuk membantu jika diperlukan
g. Melaksanakan penilaian
h. Menjelaskan kepada siswa mengenai bagian yang perlu untuk dibenahi dan merundingkan rencana pembelajaran selanjutnya
i. Mencatat pencapaian kemajuan siswa

D. Tujuan Akhir


Tujuan akhir dari pembelajaran dari Bahan Ajar ini adalah Siswa mempunyai kemampuan untuk :

1. Menjelaskan teknik pemanenan hasil hutan kayu dan bukan kayu
Untuk ini Siswa harus mempunyai kemampuan:
a. Menjelaskan teknik penebangan
b. Menjelaskan teknik pembagian batang
c. Menjelaskan pemanenan hasil hutan bukan kayu

2. Mampu mengoperasikan alat-alat pemanenan hasil hutan
Untuk ini Siswa harus mempunyai kemampuan:
a. Mengetahui jenis dan kegunaan alat-alat pemanenan hasil hutan
b. Mengoperasikan alat-alat pemanenan hasil hutan

3. Merawat alat-alat pemanenan hasil hutan
Untuk ini Siswa harus mempunyai kemampuan:
a. Melakukan perawatan alat pemanenan hasil hutan

4. Menjelaskan teknik pengangkutan hasil hutan
Untuk ini Siswa harus mempunyai kemampuan:
a. Menjelaskan sistem penyaradan
b. Menjelaskan sistem pengangkutan
c. Menjelaskan jenis-jenis alat pengangkutan
d. Menjelaskan teknik muat dan bongkar
e. Menjelaskan teknik pengoperasian alat angkutan

E. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar


1. Kompetensi Inti

Yang dimaksud dengan Kompetensi Inti adalah kualifikasi kemampuan minimal Siswa yang menggambarkan penguasaan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang diharapkan dicapai setelah mempelajari Bahan Ajar. Standar kompetensi terdiri atas sejumlah kompetensi dasar sebagai acuan baku yang harus dicapai. Standar kompetensi untuk Bahan Ajar ini adalah “Melakukan Pemanenan Hasil Hutan”.

2. Kompetensi Dasar

Kompetensi dasar adalah sejumlah kemampuan yang harus dimiliki Siswa dalam mata pelajaran “Melakukan Pemanenan Hasil Hutan”. Kompetensi dasar tersebut adalah:
a. Menjelaskan teknik pemanenan hasil hutan kayu dan bukan kayu
b. Mengoperasikan alat-alat pemanenan hasil hutan
c. Merawat alat-alat pemanenan hasil hutan
d. Mengangkut hasil hutan

Bidang keahlian : Agribisnis dan Agroteknologi
Program keahlian : Kehutanan
Paket keahlian : Teknik Produksi Hasil Hutan
Mata pelajaran : Pemanenan Hasil Hutan
Kelas : XII



F. Cek Kemampuan Awal


Cek Kemampuan Awal

Dalam rangka mengetahui kemampuan awal siswa terhadap materi pembelajaran, berikut ini tersedia daftar pertanyaan yang harus dijawab.

Berilah check point () pada setiap uraian di dalam tabel berikut ini. Isilah sesuai dengan kemampuan Anda yang sebenarnya.



Keterangan:

KI = Kompetensi Inti
KD = Kompetensi Dasar
Nilai yang diperoleh siswa kemudian dikategorikan sesuai dengan tabel status penguasaan standar kompetensi di bawah ini:


(BSE Pemanenan hasil Hutan, SMK Kelas XII Semester 6, Kemendikbud RI)